Assalamu'alaikum Wr.Wb. welcome to my blog. NEVER ENDING LEARNING

Benarkah Butuh Penelitian?

Faktanya ratusan penelitian telah dilakukan oleh perawat. Baik di pendidikan maupun di klinik. Fakta lain pula bahwa masih banyak praktik keperawatan di Rumah Sakit belum berdasarkan hasil penelitian terbaru. Jadi kemana perginya hasil penelitian yang ratusan itu? Dan fakta lainnya lagi bahwa perawatan pasien tetap bisa berjalan.

Padahal penelitian katanya sebagai batang tubuh sebuah profesi. Wajarlah kalau masih banyak yang mempertanyakan perawat sebagai sebuah profesi.

Namun kita tidak perlu terlalu sedih dengan fakta yang menyedihkan ini :Karena ternyata kita tidak sendirian. Di negara lain juga terjadi fenomena seperti ini. Bahkan di US sekalipun. Hal ini disampaikan oleh salah seorang pembicara dari university of Hawai'i di ajang the First Asia Pasific Conference on Nursing Research September lalu di Manila. Kecepatan perkembangan penelitian di dunia belum diikuti oleh pelayanan keperawatan. Keterbatasan SDM dan fasilitas sering menjadi penyebab.

Namun hal ini menurut saya bukan berarti kita bisa maklum dan tidak begerak. Apalagi melihat keperawatan di Indonesia yang belum punya taring sama sekali. kuat pada basic penelitian akan menunjukkan peran perawat yang besar bagi kemanfaatan masyarakat. bahwa pelayanan keperawatan bukan dilakukan secara asal, melainkan benar-benar berdasarkan penelitian yang terbukti.

Di mata profesi lainpun perawat akan lebih punya harga diri, karena tidak disanksikan lagi, penelitian akan memperkuat body of knowledge sebuah profesi. Jadi, tunggu apalagi? tetaplah lakukan dan melakukan penelitian. Bangun komunitas peneliti, perbanyak diseminasi hasil-hasil penelitian keperawatan kepada teman-teman sejawat. Baca hasil penelitian dari jurnal, or at
least hargai dan cintai orang yang melakukan penelitian :-).

Bersama saling dukung untuk kemajuan!!!